June 15, 2015

Belajar Cara nyetem senar Gitar untuk Pemula, cara tuning gitar. cara ke 2 paling mudah

Cara Menyetem GitarCara Menyetem Gitar. kembali lagi bersama GoGITAR, bersama saya william diblog Komunitas Gitaris no.1 diindonesia yaitu Belajar Gitar. pada kesempatan ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menyetel senar gitar yang paling mudah dan pastinya benar dan wajib untuk anda praktekkan. berikut penjelasannya.

Cara Menyetem senar Gitar (Tuning).

Untuk menyetem senar gitar, sebenarnya banyak cara yang bisa digunakan. mulai dari cara termudah hingga cara tersulit.
Cara apa yang paling Mudah untuk nyetem string Gitar ?

1. Tuner
Tuner adalah alat elektronik untuk menyetem senar gitar. sobat bisa membeli alat ini ditoko-toko alat musik dengan harga berkisar Rp 70.000 - Rp 150.000 untuk Tuner yang murahnya. untuk cara menggunakan alat Tuner ini sama seperti menyetem gitar dengan aplikasi software dibawah.

2. Aplikasi Software
Cara mudah nyetel gitar kedua yaitu dengan menggunkan bantuan Aplikasi software. Kenapa dikatakan mudah ? karena untuk mendapatkan aplikasi ini sobat tinggal mendownloadnya di AppStore/blackberrryStore/GooglePlay diSmartphone anda masing-masing, atau bisa juga mengunduhnya untuk PC/Laptop/Gadget Secara GRATIS. Selain sangat mudah untuk mendapatkan aplikasi tuning ini, aplikasi software ini juga sangat mudah untuk menggunakannya.
Cara menggunakannya yaitu membuka aplikasi yang telah diunduh, lalu menyetem senar gitar dengan cara memetik satu persatu senar gitar dan menyamakannya sesuai urutan Tuning standar yaitu string 1=e, 2=B, 3=G, 4=D, 5=A, 6=E . Putar Tuning Peg pada gitar untuk mengatur setelan hingga tanda pada alat tuner menyatakan suara senar gitar anda sudah BENAR.(biasanya apabila string gitar sudah pas, maka tuner akan menampilkan huruf sesuai nada senar dengan warna Hijau atau Jarum pada alat tuner akan tepat ditengah apabila stelan gitar anda sudah benar)
Adapun nama-nama dari Aplikasi dan Software Tuner recomend saya yaitu :
- Fine Chromatic Tuner, Hidamari, Tuners, dan masih banyak lagi.(khusus untuk Smartphone)
- Guitar Pro (software tuning untuk Laptop dan PC)

3. Alat Musik Sejenis
Maksudnya disini yakni menyetem senar gitar menggunakan bantuan alat musik lainnya seperti Piano, Keyboard, Pluit, Saxophone, dll . cara nya yakni menyetem gitar dengan membunyikan alat musik pembantu sesuai dengan nada Standar Tuning gitar yakni 1=e, 2=B, 3=G, 4=D, 5=A, 6=E , lalu menyamakannya dengan setiap string gitar anda.

Lalu, cara apa saja yang sulit untuk menyetel gitar ?
Sebenarnya tidak ada cara yang sulit untuk nyetem gitar. Namun, berhubung artikel ini adalah belajar tuning gitar untuk PEMULA jadi mungkin beberapa cara ini akan terasa sulit untuk dipraktekkan.

1. Pipa Nada
Untuk memiliki alat ini, sobat bisa langsung membelinya ditoko musik dengan harga Rp 20.000-an. cara menggunakannya yakni dengan cara meniup lubang nada sesuai jenis nada yang dituliskan diatasnya, lalu menyamakan suaranya dengan tuning standar gitar anda 1=e, 2=B, 3=G, 4=D, 5=A, 6=E .

2. Tanpa Alat
cara menyetem ini yaitu dengan teknik menyamakan suara senar gitar yang satu dengan yang lainnya(mengatur dengan cara memutar Tuning Pegs Gitar). caranya yaitu sebagai berikut :
-Atur ketegangan string satu sesuai ketegangan senar, karena nantinya akan dipakai sebagai patokan untuk menyetem string lainnya.
-Tekan senar 2 di Fret ke-5 , lalu petik dan samakan dengan senar 1 tanpa ditekan apapun pada fretnya.
-Tekan senar 3 di Fret ke-4 , lalu petik dan samakan dengan senar 2 tanpa ditekan apapun pada fretnya.
-Tekan senar 4 di Fret ke-5 , lalu petik dan samakan dengan senar 3 tanpa ditekan apapun pada fretnya.
-Tekan senar 5 di Fret ke-5 , lalu petik dan samakan dengan senar 4 tanpa ditekan apapun pada fretnya.
-Tekan senar 6 di Fret ke-5 , lalu petik dan samakan dengan senar 5 tanpa ditekan apapun pada fretnya.
kekurangan dengan cara stem gitar ini adalah Tuning tidak standar dan akurat. Namun bisa diAkali dengan cara mengatur suara String 1 dengan nada pada lagu yang bernada dasar E seperti awal lagu Bintang disurga by Peterpan. lalu menyamakan tuning senar 2,3,4,5,dan 6 sesuai dengan instruksi diatas.

3. Tanpa Alat atau Tangan Hampa
Cara terakhir ini dikhususkan untuk gitaris profesional karena dibutuhkan pengenalan nada yang baik. yakni menyetem alat musik gitar dengan cara mengaturnya pada setiap string tanpa menekan fret.

NB : Akurasi dari stem gitar akan memberikan hasil yang Tepat dan Maksimal apabila
-Tempat sobat menyetel gitar Hening(sebaiknya diruangan kosong atau pada malam hari)
-Tergantung seberapa baik Pendengaran Telinga Sobat masing-masing
-Jangan terlalu terburu-buru saat menyetel senar gitar

Penutup Artikel Tip Cara Menyetem Senar Gitar dengan mudah dan cepat

Demikian Artikel Belajar Tuning Gitar untuk Gitaris Pemula ini. Mudah-mudahan anda bisa mengerti dan dapat mempraktekkannya dengan baik. Bila Artikel ini memberikan manfaat kepada anda, silahkan dishare dikotak Share social media dibawah ya, agar teman-teman anda lainnya yang memiliki minat yang sama dalam bermain gitar juga dapat membaca informasi tutorial ini.
Bila ada yang kurang anda mengerti diartikel Cara Menyetem senar gitar ini, silahkan ditanyakan langsung dikotak komentar dibawah. Terakhir jangan lupa Subcribe GoGITAR di social media yang dimiliki yaitu Fanspage facebook, twitter, google plus, dan email subcriber yang ada diblog ini ok. salam gitaris indonesia. sekian Tutorial nyetem senar gitar dengan cepat

Belajar Cara nyetem senar Gitar untuk Pemula, cara tuning gitar. cara ke 2 paling mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CAVIAR ARCHITECT

0 komentar:

Post a Comment