June 17, 2015

Cara Merawat Gitar yang Baik dan paling benar, perawatan gitar rutin

Tips Merawat Gitar
Tips Merawat Gitar. Kembali lagi saya william, menulis artikel sepuat tips dan tutorial gitar diblog komunitas gitaris no. 1 diIndonesia ini yaitu GoGITAR blog seputar cara belajar gitar. Pada artikel sebelumnya saya telah menyajikan Tips Membeli gitar Akustik yang berkualitas. nah, setelah mempunyai gitar akustik pasti Gitarnya harus dijaga dan dirawat dengan baik dong ? untuk itu postingan kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Merawat Gitar yang benar yang harus anda simak dengan seksama.

Baca :
Cara nyetem senar Gitar untuk Pemula

Cara Merawat Gitar yang benar

Tidak hanya kulit, rambut, ataupun wajah , Gitar pun harus dirawat juga bak nya seperti anda merawat wajah yang berminyak dan berjerawat. Namun, banyak beberapa Gitaris yang menganggap sepele dalam hal Perawatan Gitar mereka. padahal, cukup meluangkan waktu beberapa menit saja untuk merawatnya itu akan menambah umur dan ketahanan gitar kedepannya. Untuk itu mari dari sekarang Rajinlah merawat gitar akustik milik anda agar tetap awet dan selalu kelihatan seperti baru.
>> Lalu, gimana sih cara merawat gitar dengan mudah dan benar ?
Untuk melakukan perawatan yang benar pada gitar sebenarnya tidak ada yang sulit, kuncinya hanyalah merawat gitar secara Rutin saja itu sudah cukup.

Cara Merawat Gitar Akustik yang Baik


1. Membersihkan Gitar
bersihkanlah gitar sobat sebelum dan sesudah bermain gitar. adapun bagian-bagian gitar yang harus dibersihkan ialah
-String/snar : bersihkan senar dengan kain atau sapu tangan yang kering dari ujung senar yang satu ke ujung yang lain.
-body : untuk membersihkan body gitar, sobat bisa menggunakan saputangan dan semprot pembersih kaca atau sejenisnya(kalau saya sih pakai cairan pembersih Laptop. Ok juga hasilnya). caranya semprot cairan bapa permukaan body gitar, lalu dilap satu arah dengan sapu tangan.
-Head : cara membesihkannya yaitu sobat bisa menggunakan kuas cat lalu bersihkan head gitar pada daerah-daerah yang sulit dijangkau.
-Fingerboard : cara membersihkannya sama seperti cara memberihkan body gitar.

2. Menyimpan Gitar
Simpanlah gitar akustik sobat pada tempat yang strategis dan aman. seperti pada case/tas gitar, sebaiknya case gitar jenis Hardcase karena lebih kokoh dan terbuat dari bahan plastik atau triplek sehingga akan melindungi gitar sobat terhadap benturan atau saat gitar dibawa bepergian.
Untuk menyimpan gitar sobat bisa juga menggunakan alat bernama Stand Gitar baik jenis gantung ataupun berdiri. bila sobat tidak mempunyai case dan stand gitar, sobat bisa menyimpan gitar dengan meletakkannya pada permukaan yang lembut seperti karpet, sofa, kasur, dan lainnya.

3. Khusus untuk Senar/string
Gantilah senar gitar secara berkala dan langsung 1 Set atau 6 string sekali ganti agar suara gitar tetap harmonis. ganti senar apabila ada salah satu string yang dirasa sudah tidak dilayak lagi(dead). apabila gitar sobat ingin disimpan dalam jangka waktu lama, Kendurkan terlebih dahulu semua string gitar agar neck gitar tidak rusak atau bengkok.

Demikian Artikel Cara Perawatan Gitar Akustik

sekian Tips cara merawat gitar yang baik dan benar, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda yang sudah membacanya dan dapat langsung diterapkan. Bila artikel ini memberikan manfaat kepada anda, jangan lupa dishare di 3 tombol sosial sharing dibawah ya. berikan juga tanggapan dan komentar anda mengenai artikel ini dikotak. sekian Tips merawat gitar dengan mudah

Cara Merawat Gitar yang Baik dan paling benar, perawatan gitar rutin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment