June 18, 2015

2 Tips Membeli Gitar Akustik Berkualitas yang paling benar, Tips Jitu.

Cara Membeli GItarCara Membeli GItar. "Kecewa berat nih, udah mahal-mahal beli Gitar Akustik ehh...Ternyata gitar gua Cacat abeees :( ". Tidak maukan kejadian tersebut menimpa anda, untuk itu saya akan memberikan Tip-tips Jitu yang wajib anda perhatikan sebelum membeli gitar agar nantinya anda mendapatkan pilihan Gitar yang paling bagus dengan kualitas jempol. jadi, simak dengan seksama ya.
- Semakin Mahal Harganya, Semakin Berkualitas Gitarnya
Ungkapan ini memang benar-benar sangat tepat dan telah terbukti, tetapi kali ini saya akan membahas secar terbalik
- Semakin MURAH harganya, Semakin MANTAP Gitarnya
Harga sebenarnya bukan patokan utama seseorang akan dapat membeli gitar yang bagus dan berkualitas. punya uang pas-pasan pun sobat sudah bisa membeli gitar bermutu baik, namun alangkah baiknya membeli gitar dengan harga menengah apabila sobat ingin serius menjadi seorang gitaris. berikut saya akan memberikan 2 Tips Jitu cara memilih gitar Akustik berkualitas.

Baca Juga :
Cara Merawat Gitar yang Baik dan paling benar
Cara nyetem senar Gitar untuk Pemula

Cara Memilih Gitar berkualitas yang benar dan tapat

Tips Jitu 1
1. Budget/Modal
Tentukan harga Maksimal dari gitar akustik yang ingin sobat beli. berikut patokan harga yang bisa sobat pilih
Murah        : Rp 200.000   - Rp 500.000
Menengah  : Rp 500.000   - Rp 1.500.000
Mahal        : Rp 1.500.000 - Rp 5.000.000
Super Mahal  : Rp 5.000.000 - Unlimited
Setelah sobat memilih salah satu patokan harga tersebut, Sobat harus Konsisten dengan pilihan sobat. karena apabila sobat tidak konsisten, maka nantinya akan timbul rasa kecewa dengan gitar akustik yang telah dibeli karena tidak puas dengan perbandingan harga gitar dengan kualitasnya. (Pilih salah satu saja)

2. Desain Gitar
Hal ini merupakan salah satu faktor utama yang harus disiapkan dengan matang sebelum sobat membeli gitar akustik. untuk itu sobat wajib mengisi kolom dibawah ini
A. UKURAN  : Ukuran Kecil/Standar/Jumbo (Pilih salah satu)
B. MODEL   : Model Gitar Spanyol Klasik/Model Gitar Akustik Elektrik (Pilih salah satu)
C. WARNA   : Coklat natural/Hitam/Putih/Biru/Hijau/orange, dsb. (Pilih salah satu)

3. Kualitas Gitar
Ini merupakan aspek yang paling menentukan pilihan gitar akustik yang tepat,bagus dan berkualitas.
- Jenis Kayu dan Bahan Gitar
pada gitar murah hingga menengah minimal bahan kayu Rosewood dan Mahogany sudah cukup bagus dan berkualitas.
- Kesempurnaan gitar.
periksa dengan jeli dan teliti apakah ada lecet atau cacat pada gitar saat membelinya.
- Timbang Berat Gitar.
semakin berat sebuah gitar, maka suara yang dihasilkan akan semakin merdu.(perkirakan berat fari gitar dengan feeling anda atau dengan cara membandingkan dengan gitar lain)
- Pukul/ketuk Body Gitar dengan siku jari saat membelinya.
hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah suara pukulan yang dihasilkan nyaring/berisi. bila suaranya keras itu menandakan Kualitas Gitar tersebut BAGUS, sebaliknya bila suara pukulan pada body/tubuh gitar kecil/ringan itu tandanya Kualitas Gitar Akustik BURUK.
- Mainkan Gitar pada setiap Fret/Nut.
coba mainkan gitar sambil dipetik pada fret ke-1, 2, 3,dan seterusnya hingga fret terakhir. Gitar yang bagus ialah suara senar pada setiap fret dapat berbunyi dengan sempurna dan bersih.
sampai disini, apakah anda mengerti ? bila belum, baca secara berulang. bila suda kita lanjut ke Tips Jitu yang berikutnya.

Tips Jitu 2
Setelah sobat sudah mengerti pada Tips 1 yaitu dalam Memilih Gitar Akustik, sekarang kita akan masuk kebagian Cara Membeli gitarnya.
1. Toko Gitar
Telusurilah minimal 3 Toko Gitar. Toko gitar yang bagus itu adalah toko yang ramai pembeli dan barang yang dijual lengkap. Apa bila sobat ingin membeli gitar secara online, carilah toko gitar online yang benar-benar terpercaya. salah satu Toko Gitar Online yang bisa sobat coba yaitu Rumahgitar.com (bukan bermaksud promosi ya :)
2. Cari Gitar yang sesuai dengan penjelasan pada Tips Jitu Pertama, yaitu budget,desain,dan kualitas gitar akustik.
3. Belilah gitar ditoko terbaik dari beberapa toko gitar yang telah sobat survei sebelumnya.
NB : PANDAI-PANDAILAH BERNEGOSIASI HARGA DENGAN PENJUAL TOKO GITAR, karena semakin murah harga gitar akan memberikan kepuasan tersendiri setelah membeli gitar akustik yang sobat inginkan.

Demikian Artikel Cara Membeli Gitar yang benar dan tepat

Terapkanlah Tips Jitu 1 dan 2 sebelum sobat membeli gitar agar nantinya mendapatkan pilihan gitar akustik yang bagus dan pastinya oke punya. mungkin sekian Tips memilih Gitar Akustik yang Bagus dan Berkualitas ini. baca juga Artikel-artikel gitar saya lainnya di blog Komunitas Gitaris, yaitu GoGitar ini. dan jangan lupa SUBSCRIBE GoGitar agar anda dapat membaca artikel-artikel seputar gitar keren lainnya secara Up to Date, yaitu dengan cara Like Fanspage GoGitar, atau Follow @GoGitarOfficial ditwitter, atau follow GoGitar diGoogle Plus gogitar disamping. Bila ada yang ingin ditanyakan langsung komen dibawah aja ya Sobat Gitaris. Ituslah Postingan Tips Membeli Gitar kualitas jempol

2 Tips Membeli Gitar Akustik Berkualitas yang paling benar, Tips Jitu. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CAVIAR ARCHITECT

1 komentar:

  1. Ana mau beli gitar juga, tapi belum bisa mainnya kak -_-

    ReplyDelete