June 18, 2015

Cara Memetik Senar Gitar atau Teknik Struming gitar untuk Pemula, Tutorial cara memetik gitar akustik

Cara Memetik gitarUntuk Cara Memetik gitar atau menggenjreng senar gitar sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah dan benar. untuk sobat GoGITAR khususnya masih pemula, strumming(bahas inggris memetik) gitar mungkin akan terasa sangat sulit karena tangan anda masih sangat kaku saat menggenjreng setiap senar gitar. untuk itu anda perlu mengasahnya dengan cara rajin berlatih dan pelajari artikel cara memetik gitar dengan benar ini.

Baca Juga :
Tips Membeli Gitar Akustik Berkualitas
Cara Merawat Gitar yang Baik dan paling benar
Cara nyetem senar Gitar untuk Pemula

Tahukah anda, saat pertama kali belajar strumming gitar adalah fase dimana menentukan gaya bermain gitar anda kedepannya. untuk itu Belajarlah cara yang benar memetik senar gitar agar nantinya gaya bermain sobat memiliki ciri khas yang bagus dan baik.

Langkah-langkah Cara Strumming Senar Gitar

strumming gitar atau petikan senar gitar dibagi menjadi dua bagian yaitu Picking(genjreng) dan Finger Picking(Memetik dengan semua jari). untuk gitaris pemula sebaiknya berlatih Picking terlebih dahulu, lalu lanjut ke Finger Picking. 
1. Teknik Picking Strumming
Cara memetik string gitar ini dimainkan menggunakan punggung kuku dari jari tangan. Biasanya menggenjreng gitar dengan teknik Picking ini dilakukan dengan jari Jempol dan Telunjuk saja.
adapun cara memainkannya yaitu :
- Kepal semua jari Tangan kanan, lalu luruskan jari jempol dan telunjuk dan tempelkan jari jempol dan telunjuk sobat.
Cara menggenjrengnya yakni genjreng permukaan senar gitar secara bolak-balik, apabila genjrengan gitar dari atas kebawah menggunakan punggung kuku telunjuk dan sebaliknya apabila dari bawah keatas menggunakan punggung kuku jari Jempol. Lakukan secara bolak balik dan dengan gerakan yang teratur. Berikut Cara belajar Teknik Picking
- Apabila genjrengan dari atas kebawah dengan kuku Telunjuk dilambangkan dengan huruf "D"
- Apabila genjrengan dari bawah keatas dengan kuku Jempol dilambangkan dengan huruf "U"
- lakukan Pola strumming picking dibawah ini secara berurutan dari kiri kekanan.
Pola memetik teknik picking
Pola 1 : D - D - U - U - D - D
Pola 2 : D - D - U - D - U - D
Pola 3 : D - U - D - D - D - D - U - D

2. Teknik Finger Picking Strumning
Setelah sobat menguasai teknik picking, selanjunya sobat bisa belajar metik gitar dengan teknik finger picking. teknik ini dilakukan dengan memetik senar gitar secara langsung dengan setiap ujung jari tangan. adapun cara memainkannya yaitu dengan cara memetik senar gitar dengan membuat kombinasi petikan antara string bass line dengan trebell dalam sebuah pola petikan.
Pada setiap jari tangan hanya boleh memetik beberapa senar gitar saja yaitu
Jari Jempol : String 5 dan 6
Jari Telunjuk : String 4
Jari Tengah : String 3
Jari Manis : String 2
Jari Kelingking : String 1
Berikut adalah Pola petikan teknik memetik gitar finger picking untuk pemula.
Pola 1 : string 6-3-2-1-5-3-2-1-4-3-2-1
Pola 2 : string 4-2-3-1-6-5-4
Pola 3 : string 2-1-5-3-2-4-6
NB: Semakin rajin anda berlatih cara memetik gitar, Maka akan semakin bersih dan rapih permainan strumming anda.

Penutup Postingan Cara Menggenjreng gitar

Sekian dulu Artikel Belajar Memetik Gitar Akustik ini. ada baiknya sebelum mempraktekannya anda menyetem gitar anda terlebih dahulu dengan cara membaca Cara Menyetem Senar Gitar dengan Cepat Untuk Gitaris Pemula. Dan Bila Artikel ini memberikan manfaat, silahkan dishare kesahabat gitar lainnya agar melalui 3 Tombol sosial sharing dibawah. sekian tips cara memetik gitar dengan mudah
berikan juga komentar anda terhadap artikel ini ya. salam gitaris indonesia

Cara Memetik Senar Gitar atau Teknik Struming gitar untuk Pemula, Tutorial cara memetik gitar akustik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CAVIAR ARCHITECT

0 komentar:

Post a Comment