June 22, 2015

8 Cara Mengaransemen Lagu dengan Gitar Akustik , Tips Menjadi Arranger

Cara Aransemen Lagu dengan gitarCara Aransemen Lagu dengan gitar. Walaupun anda bukan seorang Arranger seperti sungha jung, sandra bae,kotaro oshio, dll. anda akan bisa mengaransemen berbagai lagu dengan gaya bermusik anda setelah membaca Tips Mengaransemen lagu dengan Gitar akustik by GoGITAR blog seputar tutorial belajar main gitar. Untuk mengaransemen lagu sebenarnya cukup sulit, namun apa salahnya anda mencoba dari pada hanya terus memainkan lagu-lagu dari aransemen orang lain.

Baca Juga :
Cara Membaca Tab Gitar untuk Pemula
Cara Memetik Senar Gitar atau Teknik Struming
Tips Membeli Gitar Akustik Berkualitas
Cara Merawat Gitar yang Baik dan paling benar
Cara nyetem senar Gitar untuk Pemula

Bagaimana Cara Mengaransemen Lagu ?

untuk mengaransemen lagu ada beberapa peralatan yang harus disiapkan
1. gitar akustik
2. alat recorder
3. mentrome

Langkah-langkah tutorial mengaransemen lagu

1. Suasana atau Mood
mulailah mengaransemen lagu disaat suasana hati anda sedang cerah. bila tidak, lagu hasil aransemen anda tidak akan memiliki keunikan.

2. Siapkan Peralatan yang dibutuhkan
siapkan keempat peralatan diatas dan tambahannya anda bisa sediakan sedikit cemilan dan secangkir kopi agar proses aransemen berlangsung dengan santai dan nyaman.

3. Pilih Lagu
pilih lagu yang meurut anda asik dan menarik. cari lirik, chord dan melodi lagu yang telah anda pilih.

4. Atur Tempo
untuk mengatur tempo ini anda bisa menggunkan alat mentrome. atur tempo yang cocok menurut anda.

5. Aransemen bagian Intro
mulailah dari mengaransemen intro lagu. anda bisa merubah tempo dan bentuk melody lagu, namun jangan terlalu berbeda agar lagu asli dari aransemen anda mudah dikenali orang mendengarnya. sebaiknya anda memberikan sedikit bumbu-bumbu pada bagian intro ini karena merupakan bagian pembuka dari lagu(buat semenarik mungkin). untuk membuat bumbu-bumbu ini anda bisa melakukannya dengan cara memberikan improvisasi nada tinggi atau rendah dan gaya bermain musik sobat(sesuai judul, buatlah permain gitar akustik yang khas seperti permain melow atau beat). Setelah selesai mengaransemen intro lagu, segeralah rekam dengan recorder.

6. Aransemen Isi Lagu
untuk cara mengaransemen isi dari lagu, jangan terlalu banyak merubah lirik asli dan nada asli dari lagu. cobalah memberikan sedikit cengkok-cengkok yang memberikan ciri khas dari aransemen anda, seperti cengkok melayu, jazz atau dangdut. dibagian isi lagu, gunakanlah tempo yang beragam seperti tempo lambat pada bagian awal lagu lalu tempo cepat pada bagian reff. Karena menggunakan bantuan gitar, buatlah iringan melody-melody yang unik yang berasal dari perasaan dan emosional anda. setelah selesai jangan lupa direkam.

7. Aransemen bagian Ending lagu
langkah ke tujuh cara mengaransemen lagu.Bagian Chorus, disarankan jangan mengulang bagian intro lagu. buatlah melodi yang baru seperti permainan gitar yang sedikit melow(coba dengarkan bagian ending dari lagu-lagu melow), lalu sebaiknya pada bagian aransemen ending anda menggunakan tempo lambat. kemudian pada bagian paling akhir lagu, mainkan melodi yang gantung atau seperti belum selesai(seperti chord gitar yang belum selesai, misalnya harusnya lagu berakhir dichord nada dasar awal C mayor, buatlah akhir lagu dengan Chord G mayor agar lagu meninggalkan kesan tersendiri ditelinga pendengar nantinya). setelah selesai, rekamlah segera.

8. Penilaian.
setelah selesai sampai langkah mengaransemen lagu nomor 7, gabungkanlah rekaman bagian tempo,intro, chorus dan ending lagu. lalu mainkanlah didepan teman atau keluarga anda. bila tanggapannya baik, segeralah publikasikan kemedia sosial,soundcloud, youtube,dll agar anda bisa diakui sebagai seorang Arranger.

Untuk mendapatkan hasil aransemen yang memuaskan, stem tuning gitar anda terlebih dahulu dengan membaca artikel Cara Cepat Menyetem Gitar Untuk Gitaris Pemula. kemudian, apabila anda ingin membuat hasil Aransemen gitar anda kedalam bentuk Tabulasi gitar, anda bisa pelajari Cara Membuat dan Membaca Tab Gitar yang tepat dan benar.

Penutup Artikel Cara Aransemen lagu menggunakan gitar

mungkin itu beberapa langkah yang bisa anda ikuti apabila ingin belajar cara mengaransemen lagu. apabila Artikel 8 Langkah Mengaransemen lagu ini memberikan manfaat untuk anda, silahkan Follow G+ GoGITAR disamping dan Like fanspage Facebook GoGITAR yaitu GoGITAROfficial. berikan juga tanggapan anda terhadap artikel cara mengaransemen lagu ini dikotak komentar ya. Sekian tutorial mengaransemen lagu dengan gitar

8 Cara Mengaransemen Lagu dengan Gitar Akustik , Tips Menjadi Arranger Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

17 komentar:

  1. Kebetulan sekali saya suka musik ni om hehe..
    Btw klu mau aransemen yang bagus itu pake aplikasi apa ya?
    jangan lupa mampir ya om tutorial-pcmu.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo cuma mau buat aransemen untuk apa pakai aplikasi bro ? siip bro :)

      Delete
  2. wahahah kapan kapan brarti saya bisa bikin lagu dong :D
    Numpang belajar gitar yak

    ReplyDelete
  3. Gan mau nanya?
    Beda aransemen ama improve apaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aransemen itu bisa dikatakan mengubah suatu lagu tapi kita masih tetap mengenali itu lagu walaupun diubah. dan aransemen itu mengubah lagu juga sih, tapi hanya beberapa bagian lagu saja yg boleh diaransemen, misalnya 10 persen dari isi lagu agar tidak terkesan over gitu improvnya

      Delete
  4. Bang melenceng sedikit dari artikel nih...cara rekaman fingerstyle biar hasilnya jernih minim noise gimana ya? Trus software yg dipake buat editing (ngurangin noise) apa ya?
    thx bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mau hasil rekaman video yg bersih ya harus pakai kamera dslr lah bro, truss rekamannya pakai gitar yg bagus dan menggunakan pickup dengn speaker yang mantap suaranya.

      Delete
    2. Tergantung. Ngerekam pake apa dulu? Kalo pake DSLR, pakein MicBoom. Kalo pake Smartphone, Saya saranin pake mic dari Sony, harganya kisaran 500-600ribu. Untuk software editing sih, saya biasanya pake FL Studio Pro 11. Jangan lupa, pakein soundcard yg bagus dan speaker netral (tidak ada bass tambahan) Supaya maksimal.

      Tapi kalo budget kurang, cukup beli mic aja udah cukup.

      Delete
    3. wow, boleh lihat hasil rekaman bro alan yang pakai salah satu perlengkapan diatas ?(dslr/smartphone)

      Delete
    4. Gitar saya udah ada pickupnya gan, kalo mic yg gan alan maksud itu yg seperti apa?
      recomended merk apa gan?
      mohon bantuannya hehe

      Delete
  5. lebih spesifik lagi gan, kalo gini berkembang nya susah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip, rencanyanya akan dijelasin apa yang perlu dijelasin diartikel berikutnya gan :)

      Delete
  6. Jadi ingat kalau bisa dikit2 main gitar :)

    ReplyDelete
  7. Terus kertas sama pena nya buat apa? Ko gk dibahas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu bahas atuh bro, saya mau bikin aransmen ni udah nyiapin kertas sama pena tp gk tau diapain, penasaran tar kebawa mimpi :D

      Delete
    2. wkwkwk, entar saya revisi sedikit postingan pena ama kertasnya bro ... :D

      Delete